A. Pengertian Iklan Online
Adalah metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya, misalkan web (World Wide Web) dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.
B. Tujuan Iklan Online
1. Menginformasikan konsumen tentang merek-merek baru.
2. Membangun kesadaran(awareness) merek.
3. Menjangkau pelanggan baru dan menciptakan permintaan konsumen.
4. Mempersuasi(membujuk) konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang di iklankan.
5. Membangun loyalitas konsumen.
C. Keuntungan Iklan Online
Berikut alasan keuntungan dari iklan online yang di pilih sebagai media promosi:
- Tidak ada tanggal kaduluwarsa
- Lead Time
- Kualitas paparan
- Kebebasan
- Jangkauan
- Biaya
Iklan online dapat dikelompokan menjadi 3 yaitu:
- Iklan Teks
a.Iklan Link
Jenis Iklan ini, lebih ditekankan kepenulisan alamat link iklan dan keterangan singkat dari iklan itu sendiri.contoh: a) Iklan Baris
b) Iklan Teks PPC
c) Pertukaran Link dengan pemilik web lain
d) Iklan Banner( yang berisi link iklan).
b. Iklan Kontekstual (Contextual ads)
Iklan ini ditampilkan di halaman web dengan target individu tertentu.
Misalnya, jika pengguna melihat website tentang olahraga dimana website tersebut menggunakan iklan kontekstual, pengguna mungkin melihat iklan untuk perusahaan yang berhubungan dengan olahraga.
c.Iklan hasil pencarian(Search ads dapat disebut juga pay per click ads)
Iklan ini ditampilkan pada halaman web hasil pencarian dan jaringannya.
d.Iklan Direktori Online(Online directories)
Iklan ini tampil pada suatu direktori tertentu.
e. Iklan daftar lokal(Local listings) atau SEO(Search engine optimizing)lokal.
Jenis iklan ini gratis dan diperuntukan untuk bisnis lokal.
f. Iklan konten(Content ads)
Iklan ini ditampilkan pada halaman website, berupa teks link yang sesuai dengan aturan penyediaan iklan konten.
2. Iklan display
Iklan yang ditampilkan kombinasi antara teks.Contoh: a) Interstitial banners
b) Pop up dan Pop under
c) Floating advert
d) Wallpaper advertising
e) Map advertising
f) Iklan Banner
g) Video online advertising banner
h) Iklan media sosial
3. Iklan rich media (Multimedia)
Contoh: a) peel back
b) Floating
c) Expanding
d) Interstitial
e) Video;
f) Popup/popunder.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar